17 May 2016

Percobaan Implementasi 6 Dof Robotic Arms (Lengan Robot)

Pagi yang cerah secerah hatiku...
Halo para pembaca sekalian apa khabar? Semoga dalam kondisi sehat dan damai sejahtera. Kembali Saya mau bercerita tentang uji coba Saya terhadap perangkat embedded system. Kebetulan Saya ada sedikit dana untuk membeli set perangkat ini yang terdiri dari 6 servo, serta rangkaian lengan disertai penjepitnya. Melalui rangkaian ini rencananya Saya mau membuat sebuah kamera CCTV dapat dikontrol arahnya. Namun lebih dari itu, Saya juga akan menggunakan komputer untuk mengontrol arahnya. Dengan adanya PC sebagai otak utama, maka Saya dapat memperluas imajinasi Saya untuk bermain-main dengan rangkaian yang sudah Saya siapkan ini. Harapan Saya bisa membuat sebuah kamera dapat menyorot objek target yang bergerak kemanapun dia pergi. Kalau ini berhasil, bisa dibikin berbagai macam :)

Sebagai percobaan tahap awal, Saya membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman C# untuk mengontrol pergerakan lengan yang Saya rakit. Komunikasi yang Saya gunakan antara perangkat embedded system dengan PC adalah serial com (RS232). Dan Saya buat interface yang lebih dinamis dimana terdapat beberapa tombol-tombol yang mengatur arah perputaran setiap sudut-sudut dari pada lengan itu tadi, diantaranya memutar arah kiri atau ke kanan, turun naik setiap level, memutar lengan hingga buka tutup jepitan / genggaman.




Gambar: Interface (GUI) Aplikasi Pengontrol
 
Setelah pemrograman selesai lanjut compiledan deploy. Saya hubungkan perangkat lengan dengan embedded system ke komputer yang Saya gunakan. Lalu Saya coba melakukan koneksi dengan port yang sudah terbuka melalui tombol yang tersedia pada aplikasi. Dan sesuai yang Saya inginkan, semua berjalan dengan normal seperti yang ditunjukkan pada video ini.



Video:  6 Dof Robotic Arm: Demo With Serial Control

Demikianlah cerita nyata Saya kali ini :) Saya tahu ini kurang jelas, maklum karena keterbatasan waktu Saya hingga Saya hanya bisa menulis dengan rentang waktu yang lama dengan artikel sebelumnya. Namun jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk disampaikan ;)

Salam damai... Sampai ketemu kembali...

No comments:

Post a Comment