26 August 2015

Cara Mengganti Username Pada Windows 7


Pagi yang cerah secerah hatiku, dikantor baru, meja baru, kursi baru, ATK serba baru... trus... trus... eitss, ada yang terlewatkan, tentunya sebagai Developer senjata yang paling penting dari semua-semua yang baru-baru tersebut adalah Komputer!!!.


Untuk senjata penting Saya yang satu ini, Saya diperlengkapi dengan salah satu komputer laptop dengan spek core i7, memory 16G dan Windows 7 professional, seperti tampak sebagai berikut:




Gambar. Spesifikasi Laptop

Cukup lama juga Saya menantikan laptop ini, sehingga hampir seminggu Saya bengang bengong hanya menatap meja sambil menggambar gambar di kertas bekas biar gag stress walau terlihat stress :(

Ketika laptop sudah Saya terima, selanjutnya Saya mulai install software-software yang Saya butuhkan terutama untuk bidang yang Saya geluti yaitu programming. Setelah instalasi selesai, hampir seminggu Saya nikmati laptop ini, hingga pada akhirnya semangat Saya terhenti ketika melihat tampilan aplikasi Taskmanager seperti ini:

Gambar. Windows Task Manager Dengan Username Yang Salah

Ini jelas bukan kesalahan aplikasinya, ini jelas terjadi kesalahan pengetikan nama Saya pada saat instalasi windowsnya.... arggrrgghhhhh!!! pengen marah rasanya kepada orang IT support yang menginstall laptop Saya ini, tapi apa daya, sebagai orang baru, haruslah pintar-pintar beradaptasi.

Sebagai orang Batak, nama adalah suatu hal yang berharga. Makanya nama-nama orang Batak dibuat sekeren mungkin, bahkan ke bule-bulean. Jadi, kalau sampai salah membuat nama, rasanya kesal sekali, walaupun ini hanya akan tampak di komputer.

Dengan demikian, Saya mulai mencari solusi. Untuk mengganti username, sepertinya susah sekali pada waktu itu, karena kita tidak bisa langsung mengganti username dari control panel "User Account", karena yang akan diganti adalah nama lengkap usernya. Sedangkan jika ingin mengganti username, kebanyakan tutorial akan mengarahkan Saya agar membuat account baru lalu mengarahkan account tersebut agar menggunakan folder pada account dengan username yang salah (maklum setiap user memiliki folder virtual sendiri-sendiri). Cukup sulit, karena Saya juga takut jika apa yang Saya install akan terjadi corrupt jika nantinya harus mengakali dengan cara demikian.

Setelah cari sana sini, akhirnya ketemu juga. Ternyata di windows 7 yang Saya gunakan telah ada tools yang mampu mengubah username yang salah tersebut. Tanpa basa basi mari Saya tunjukkan cara untuk mengaksesnya:



  1. Pertama, kita harus login dengan level sebagai Administrator
  2. Buka Start Menu
  3. Pada kotak search programs and files, Ketik "netplwiz", lalu enter
  4. Maka akan tampak sebagai berikut:


  5. Pilih salah satu user, lalu tombol "Properties" akan aktif, tekan tombol tersebut, sehingga akan tampak sebagai berikut:

  6. Nah selanjutnya tinggal mengganti kotak input yang tersedia sesuai keinginan. Saya mengganti username dengan "Meyer", dan yang lainnya juga sekalian :D

  7. Terakhir tinggal tekan tombol "Ok". Lalu restart komputer.
  8. Setelah windows dibuka kembali dan..... taaaaadaaaaaaaaaa!! akhirnya hasilnya sesuai yang Saya inginkan :D hip hip horeeeeeeee!!!

 Gambar. Windows Task Manager Dengan Username Yang Diinginkan


Oke deh, sekian dulu postingan Saya kali ini. Sekalian mumpung bulan agustus, mau mengucapkan "HUT RI ke 70" semoga pemerintah dan rakyat semakin dewasa menghadapi perbedaan, Bhinneka Tunggal Ika :D Merdeka!!! Salam Damai... 

1 comment: